RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah : SMK
Tunas Harapan Pati
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : X /Semester 1
Materi Pokok : Aksara jawa
Alokasi Waktu : 8 x 45
menit (4 x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator :
1.5
Menerima, mensyukuri,
menghayati, dan mengamalkan anugerah
Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks 2
(dua) paragraf aksara Jawa.
2.5
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,
responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Jawa dalam bentuk
teks dua paragraf aksara
Jawa.
3.5
Mengidentifikasi kaidah
penulisan aksara Jawa
dalam 2 (dua) paragraf yang
menggunakan sandhangan mandaswara
Indikator : 3.5.1 Peserta didik mampu memahami konsep, struktur, kaidah dua paragraf teks aksara
Jawa lisan maupun tulis sesuai dengan unggah-ungguh bahasa
jawa.
3.5.2
Peserta didik mampu mengidentifikasi
konsep, struktur, kaidah dua paragraf
teks aksara
Jawa lisan maupun tulis sesuai dengan unggah-ungguh bahasa
jawa.
3.5.3
Peserta didik mampu menganalisis konsep,
struktur, kaidah dua paragraf teks aksara
Jawa lisan maupun tulis sesuai dengan unggah-ungguh bahasa
jawa.
3.5.4
Peserta didik mampu mengevaluasi konsep,
struktur, kaidah dua paragraf teks aksara
Jawa lisan maupun tulis sesuai dengan unggah-ungguh bahasa
jawa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar