Translate

Kamis, 14 September 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Sekolah                              :  SMK  Tunas Harapan Pati
Mata Pelajaran                 :  Bahasa Jawa
Kelas/Semester                  :  X /Semester 1
Materi Pokok                    : Pawarta
Alokasi Waktu                  :  6 x 45 menit  (3 x pertemuan)
 


A.    Kompetensi  Inti  :
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator :       
1.3     Menerima,  mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa  dalam  bentuk  teks  Serat Wedhatama  pupuh Pangkur.
2.3     Menunjukkan  perilaku  jujur, disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (gotong royong,  kerjasama,  toleran,  damai),  santun,  responsif,  dan proaktif  dalam menggunakan  bahasa  Jawa  dalam  bentuk  teks  pawarta
3.3     Menelaah  teks  pawarta.
Indikator ;  3.3.1  Peserta didik mampu memahami konsep, struktur, kaidah  dan unsur-unsur teks pawarta  lisan maupun tulisan
3.3.2        Peserta didik mampu mengidentifikasi konsep, struktur, kaidah  dan unsur-unsur teks pawarta  lisan maupun tulisan
3.3.3        Peserta didik mampu menganalisis konsep, struktur, kaidah  dan unsur-unsur teks pawarta  lisan maupun tulisan sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa.
3.3.4        Peserta didik mampu mengevaluasi konsep, struktur, kaidah  dan unsur-unsur teks pawarta  lisan maupun tulisan sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa.
4.3     Menanggapi,  menulis,  dan menyajikan  teks pawarta  secara lisan/tulisan.
Indikator ;  4.3.1  Peserta didik mampu menginterpretasi teks pawarta  lisan maupun tulisan

4.3.2        Peserta didik mampu memproduksi teks pawarta  lisan maupun tulisan sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Wulangreh (165;167): Bener Luput Den Esthi

  Pada   (bait) ke-165;167, Pupuh ke-9, Pucung, Serat Wulangreh karya SISK Susuhunan Paku Buwana IV. Ing sabarang prakara dipun kadulu, wiwi...