RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah : SMK
Tunas Harapan Pati
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : X /Semester 1
Materi Pokok : Pawarta
Alokasi Waktu : 6 x 45
menit (3 x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator :
1.3 Menerima, mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan
anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks
Serat Wedhatama pupuh Pangkur.
2.3 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,
responsif, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Jawa dalam bentuk
teks pawarta
3.3 Menelaah teks
pawarta.
Indikator ; 3.3.1
Peserta didik mampu
memahami konsep, struktur, kaidah dan unsur-unsur teks pawarta lisan maupun tulisan
3.3.2
Peserta didik mampu mengidentifikasi konsep, struktur, kaidah dan unsur-unsur teks pawarta lisan maupun tulisan
3.3.3
Peserta didik mampu menganalisis konsep, struktur, kaidah dan unsur-unsur teks pawarta lisan maupun tulisan sesuai dengan unggah-ungguh bahasa
jawa.
3.3.4
Peserta didik mampu mengevaluasi konsep, struktur, kaidah dan unsur-unsur teks pawarta lisan maupun tulisan sesuai dengan unggah-ungguh bahasa
jawa.
4.3 Menanggapi, menulis,
dan menyajikan teks pawarta secara lisan/tulisan.
Indikator ; 4.3.1
Peserta didik mampu
menginterpretasi teks
pawarta
lisan maupun tulisan
4.3.2
Peserta didik mampu memproduksi teks pawarta lisan maupun tulisan sesuai dengan unggah-ungguh bahasa jawa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar