Translate

Selasa, 17 Maret 2015

RPP SENI TARI KELAS XI KTSP (4)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                                                                                                             
Nama Sekolah                       : SMK
Mata Pelajaran                      : Seni Budaya 
Kompetensi Keahlian           : Semua Kompetensi Keahlian
Kelas / Semester                    : XI / I
Pertemuan Ke                       : 12
Alokasi Waktu                       : 1 x 45 menit
Standart Kompetensi            : Mengapresiasikan Karya Seni Tari
Kode Standart Kompetensi  : 3
Kompetensi Dasar                 : Mengidentifikasi Jenis, peran dan perkembangan
tari
Indikator                                : 1. Tari diidentifikasi jenis, peran dan
perkembangannya.
2.   Hasil identifikasi diaplikasikan dalam bentuk dan diperagakan.
3.   Hasil identifikasi tari ditampilkan dengan sikap gerak dasar yang  benar.
 



A.      Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
1.    Memahami pola dasar tari
2.    Memperagakan bentuk gerak dasar tari.

B.       Materi Pembelajaran :
1.      Aplikasi hasil identifikasi jenis dan peran tari.
2.      Penampilan gerak dasar tari.

C.      Metode Pembelajaran :
1.      Ceramah,
2.      Praktek,
3.      Demonstrasi,
4.      Penugasan.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
1.    Kegiatan Awal  (10 menit)
a.    Guru memberikan motivasi tentang tentang bentuk gerak dasar tari.
b.    Guru memberi informasi awal mengenai bentuk gerak dasar tari.
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.   Guru memberikan pre test secara lisan.

2.    Kegiatan Inti  (30 menit)
a.    Eksplorasi
1)   Guru menggugah rasa ingin tahu peserta didik dengan memberikan pokok bahasan tentang bentuk gerak dasar tari.
2)   Peserta didik bekerja keras dan bersungguh-sungguh memahami bentuk gerak dasar tari.
b.   Elaborasi
1)   Peserta didik bersungguh-sungguh memperhatikan penjelasan dan praktek guru tentang bentuk gerak dasar tari.
2)   Peserta didik bekerja keras mendengarkan dan mencatat hal-hal penting terkait dengan bentuk gerak dasar tari.
c.    Konfirmasi
1)   Guru membimbing siswa dalam memahami bentuk gerak dasar tari.
2)   Guru dan peserta didik secara kreatif menyimpulkan bersama-sama dengan demokratis dari apa yang sudah dipelajari.
3)   Guru memberi motivasi kepada peserta didik yang belum berpartisipasi aktif.
3.    Kegiatan Akhir (5 menit)
a.    Guru bersama dengan peserta didik mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
b.    Penenangan.
c.    Guru memberi tugas terstruktur dan tidak terstruktur sebagai pengayaan materi tentang pola dasar tari

E.       Alat dan Bahan, Sumber Belajar :
1.    Alat dan Bahan :
a.       LCD Projektor
b.      Laptop
c.       Power Point
2. Sumber Belajar :
a.       Arini, Sri Hermawati Dwi. Seni Budaya Jilid 1 dan 2 untuk SMK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional.
b.      Buku pengetahuan tari
c.       Sejarah tari Indonesia
d.      Buku komposisi tari

F.    Penilaian :
1.    Kecakapan non akademik meliputi kecakapan sosial, kemampuan berkomunikasi, kemampuan beradaptasi sesama teman, berani mengungkapkan pendapat dan menjawab pertanyaan dari guru
2.    Kecakapan akademik meliputi tugas kelompok maupun individu dan ulangan harian


Mengetahui,                                                                Pati, 15 Juli 2013                   
Kepala Sekolah                                                           Guru Pengampu



Ir. Eny Wahyuningsih, M.Pd                                      Dika Agung Marlianto, S.Pd






Tugas terstruktur dan tidak terstruktur
KD Mengidentifikasi Jenis, peran dan perkembangan tari


A.  Tugas Terstruktur
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.    Apa yang anda ketahui tentang tari primitif?
2.    Berikan contoh beberapa tari klasik!
3.    Apakah yang dimaksud dengan tari tradisional/tradisi?
4.    Apakah yang dimaksud tari klasik?
5.    Sebutkan peranan seni tari!
B.  Tugas Tidak Terstruktur
1.    Carilah di internet, pola dasar dan gerak dasar tari yang ada di nusantara!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Wulangreh (165;167): Bener Luput Den Esthi

  Pada   (bait) ke-165;167, Pupuh ke-9, Pucung, Serat Wulangreh karya SISK Susuhunan Paku Buwana IV. Ing sabarang prakara dipun kadulu, wiwi...