Translate

Jumat, 16 Agustus 2024

Kajian Wedatama (76): Momor pamoring Sawujud

 Bait ke-76, Pupuh Gambuh Lanjutan, Serat Wedatama karya KGPAA Sri Mangkunegara IV:

Rasaning urip iku,

krana momor pamoring sawujud.

Wujudullah sumrambah ngalam sakalir.

Lir manis kalawan madu,

endi arane ing kono.


Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Rasanya hidup (yang sejati) itu,

karena berbaur menyatu dengan pancaran Wujud Yang Satu.

Wujud Allah yang meliputi alam seisinya.

Seperti berbaurnya manis dengan madu,

manakah yang namanya (salah satunya disebut) pasti ada disitu.

  

Kajian per kata:

Rasaning (rasanya) urip (hidup) iku (itu), krana (karena) momor (berbaur) pamoring (pancaran) sawujud (Wujud Yang Satu). Rasanya hidup (yang sejati) itu karena berbaur menyatu dengan pancaran Wujud Yang Satu.

Sesungguhnya hanya ada Satu Wujud Sejati, yakni Allah SWT. Segala sesuatu selainnya adalah wujud pinjaman, atau bahkan tak berwujud. Keberadaan kita akan semakin menguat manakala kita mendekat dengan wujud yang sejati.

Dalam kajian bait ke-13, Sumusuping Rasa Jati, telah kami sampaikan arti dari kata pamor, yakni seolah-seolah kilau yang memancar dari sesuatu. Pamoring sawujud adalah pancaran wujud ke seluruh semesta. Dalam teori cahaya (hikmat al Israq) yang diperkenalkan oleh Syaikh Suhrawardi Al Maqtul, dijelaskan bahwa wujud adalah laksana sinar yang memancar dari Sumber Wujud, yakni Allah SWT.

Cahaya yang memancar itu diterima dan menjadi cahaya pinjaman, seperti cahaya bulan yang sebenarnya adalah cahaya matahari yang diterima bulan dan dipantulkan kembali. Demikian pula sebenarnya hanya ada satu Wujud yakni wujud Allah semata. Adapun yang lain hanya berupa wujud pantulan yang diterima dari wujud Allah. Selanjutnya istilah wujud pantulan akan kita sebut dengan wujud (pakai w kecil), untuk membedakan dengan Wujud Allah (pakai W besar).

Ketika sesorang mendekat kepada Allah dengan cara menjalani perintah dan menjauhi larangannya (taqwa), maka posisinya mendekat dan wujud dalam dirinya menguat. Semakin bertaqwa seseorang derajat wujudnya semakin tinggi, yang berarti kedekatannya dengan Wujud juga menjadi semakin dekat. Dan sifat-sifat wujud akan menguat dalam dirinya, yang dimaksud di sini adalah sifat-sifat kebaikan yang adalah sifat-sifat ketuhanan, seperti kasih, sayang, pengampun, pendidik, dll.

Wujudullah (Wujud Allah) sumrambah (yang meliputi) ngalam (alam) sakalir (semuanya, seisinya). Wujud Allah yang meliputi alam seisinya.

Tidak ada tempat di manapun yang tidak ada pancaran Wujud Allah kecuali apa yang disebut ketiadaan. Jadi selama masih ada entitas, maka wujud pasti ada di situ. Yang membedakan adalah intensitas wujudnya. Ada yang letaknya sangat jauh sehingga wujudnya hanya samar-samar. Orang-orang jahat yang suka berbuat maksiat pun mempunyai wujud, namun mereka semakin jauh dari Wujud Allah, sehingga wujudnya tinggal samar-samar.

Lir (seperti) manis (manis) kalawan (dengan) madu (madu), endi (manakah) arane (namanya) ing (di) kono (situ). Seperti berbaurnya manis dengan madu, manakah yang namanya (salah satunya disebut) pasti ada disitu.

Wujud Allah yang sumrambah di alam sakalir tadi menyatu dan menjadi daya hidup bagi semua makhluk, seperti menyatunya manis dengan madu. Di mana ada kehidupan maka wujud ada di situ. Oleh karena itu apapun yang ada di dunia ini adalah manifestasi dari Wujud Allah semata-mata.

Orang-orang pandai yang sudah pana ing pamawas (sangat tajam penglihatnnya), akan paham tentang kenyataan ini. Bagi mereka semua kehidupan adalah tanda-tanda kebesaran Allah Yang Maha Tinggi.


https://bambangkhusenalmarie.wordpress.com/2017/09/23/kajian-wedatama-76-momor-pamoring-sawujud/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Wulangreh (165;167): Bener Luput Den Esthi

  Pada   (bait) ke-165;167, Pupuh ke-9, Pucung, Serat Wulangreh karya SISK Susuhunan Paku Buwana IV. Ing sabarang prakara dipun kadulu, wiwi...