Translate

Senin, 30 September 2024

Kajian Wulangreh (271): Tinuduhken Marga Bener

 Pada (bait) ke-271, Pupuh ke-13, Girisa, Serat Wulangreh karya SISK Susuhunan Paku Buwana IV.

Paring peling marang sira,
tinuduhaken ing marga,
kang bener kanggo kang uga,
neng dunya ingkang sampurna.
Muga anak putu pada,
kenaa dadi tuladha,
kabecikaning manungsa,
tinirua ing sujanma.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Memberi peringatan kepadamu,
diberi petunuk pada jalan,
yang benar untuk juga untuk,
di dunia yang sempurna.
Semoga anak cucu semua,
bisalah menjadi teladan,
kebaikan pada manusia,
bisa ditiru orang lain.


Kajian per kata:

Paring (memberi) peling (peringatan) marang (kepada) sira (engkau), tinuduhaken (diberi petunjuk) ing (pada) marga (jalan), kang (yang) bener (benar) kanggo (untuk) kang (yang) uga (juga), neng (ada di) dunya (dunia) ingkang (yang) sampurna (sempurna). Memberi peringatan kepadamu, diberi petunuk pada jalan, yang benar untuk juga untuk, di dunia yang sempurna.

Melalui isyarat itu pula Allah memberi peringatan kepadamu, menunjukkan jalan yang benar pada kehidupan akhirat nanti, juga sekaligus jalan yang bermanfaat untuk kesempurnaan kehidupan di dunia ini. Bagi mereka yang mampu melihat dan mengikuti petunjuk dan peringatan itu akan selamatlah pada kedua kehidupannya. Maka terus latihlah diri sendiri agar mampu melihat isyarat-isyarat itu agar kehidupannya baik, selamat dan bermanfaat bagi sesama.

Muga (semoga) anak (anak) putu (cucu) padha (semua), kenaa (bisalah) dadi (menjadi) tuladha (teladan), kabecikaning (kebaikan pada) manungsa (manusia), tinirua (bisa ditiru) ing (oleh) sujanma (orang lain). Semoga anak cucu semua, bisalah menjadi teladan, kebaikan pada manusia, bisa ditiru orang lain.

Semoga anak cucu semua bisa menjadi teladan kebaikan bagi sesama. Pantas ditiru oleh orang lain dalam kehidupannya. Dapat menjadi cermin kehidupan (kaca benggala), tempat orang lain melihat kebaikan-kebaikan di dunia ini.


https://bambangkhusenalmarie.wordpress.com/2017/12/13/kajian-wulangreh-271-tinuduhken-marga-bener/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Wulangreh (165;167): Bener Luput Den Esthi

  Pada   (bait) ke-165;167, Pupuh ke-9, Pucung, Serat Wulangreh karya SISK Susuhunan Paku Buwana IV. Ing sabarang prakara dipun kadulu, wiwi...