Translate

Senin, 30 September 2024

Kajian Wulangreh (235): Suwasa Mulya

 Pada (bait) ke-235, Pupuh ke-12, Sinom, Serat Wulangreh karya SISK Susuhunan Paku Buwana IV.

Yen arsa karya suwasa,
darapon dadine becik,
amilihana tembaga,
oleha tembaga prusi,
Binesot ingkang resik,
sarta mase ingkang sepuh,
resik tan kawoworan,
Dhasar sari pasti dadi,
iku kena ingaran suwasa mulya.

 Terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Kalau hendak membuat suwasa,
supaya jadinya baik,
pilihlah tembaga yang baik,
dapatkan tembaga prusi.
Dibesut sampai bersih,
serta emasnya yang tua,
bersih tidak bercampur.
Itulah bahan dasar saripati yang pasti jadi,
itu bisa disebut suwasa mulia.


Kajian per kata:

Yen (kalau) arsa (hendak) karya (membuat) suwasa (suwasa), darapon (supaya) dadine (jadinya) becik (baik), amilihana (pilihlah) tembaga (tembaga), oleha (dapatkan) tembaga (tembaga) prusi (prusi). Kalau hendak membuat suwasa, supaya jadinya baik, pilihlah tembaga yang baik, dapatkan tembaga prusi.

Dalam bait yang lalu telah dijelaskan bahwa pemiliohan logam yang kurang baik akan menjadikan campuran logan yang dihasilkan juga bermutu kurang baik. Maka jika hendak membuat suwasa pilihlah bahan-bahan penyusun yang baik pula. Untuk tembaganya dapatkan tembaga yang baik yakni tembaga prusi. Yakni sejenis senyawa tembaga (CuSO4.5H2O), yang dapat menghasilkan tembaga yang bersih.

Binesot (dibesut) ingkang (yang) resik (bersih), sarta (serta) mase (emasnya) ingkang (yang) sepuh (tua), resik (bersih) tan (tidak) kawoworan (tercampur). Dibesut sampai bersih, serta emasnya yang tua, bersih tidak bercampur.

Kemudian dibesut sampai bersih tembaganya tersebut. Emasnya juga yang sudah tua, dan bersih dari kotoran bijihnya. Jadi sudah menjalani proses lanjutan sampai menjadi emas yang berkualitas baik.

Dhasar (yang merupakan) sari (sari-sari) pasti (pasti) dadi (jadi), iku (itu) kena (bisa) ingaran (disebut) suwasa (suwasa) mulya (mulia). Itulah bahan dasar saripati yang pasti jadi, itu bisa disebut suwasa mulia.

Jika sudah tersedia tembaga yang baik dan emas yang baik, maka itulah sari-sari dari suwasa yang pasti akan membentuk suwasa yang baik. Hasilnya akan bagus dari sisi kilau dan sinar yang dipancarkannya. Inilah yang disebut suwasa mulia.


https://bambangkhusenalmarie.wordpress.com/2017/12/12/kajian-wulangreh-235-suwasa-mulya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Wulangreh (165;167): Bener Luput Den Esthi

  Pada   (bait) ke-165;167, Pupuh ke-9, Pucung, Serat Wulangreh karya SISK Susuhunan Paku Buwana IV. Ing sabarang prakara dipun kadulu, wiwi...